Berita

Wisata Luar Angkasa Tahun Depan Dibuka

Wisata luar angkasa yang dilakukan oleh Blue Origin, sebuah perusahaan milik Jeff Bezos pada tahun 2018 nanti berencana akan mulai menjual tiket perjalanan ke luar angkasa. Sejauh ini Blue Origin sudah berhasil melakukan 2 kali uji coba roket tanpa awak yang bernama New Shepard. Roket tersebut berhasil melalui perjalanan suborbital singkat, sementara uji coba yang kedua baru saja dilakukan pada Januari tahun lalu. Dari keberhasilan uji coba tersebut, tahun ini Blue Origin berencana mengadakan uji coba yang ketiga tapi dengan penumpang manusia.

Apabila uji coba berjalan mulus, pada tahun 2018 nanti Blue Origin akan membuka penjualan tiket perjalanan luar angkasa untuk umum. Walaupun penjualan tiket belum resmi dibuka, namun sudah ada ribuan orang mengaku ingin merasakan traveling ke luar angkasa.

Maskapai Wisata Luar Angkasa

Blue Origin bukanlah satu-satunya perusahaan yang mempersiapkan tur luar angkasa. Masih ada beberapa perusahaan lain, seperti SpaceX dengan pesawat Dragon dan Falcon 9, Orbital Sciences yang memiliki pesawat Cygnus dan Taurus 2, Virgin Galactic dengan SpaceShip Two dan beberapa lainnya. Virgin Galactic yang dimiliki Richard Branson terbilang salah satu pionir di kancah bisnis traveling luar angkasa.

Turis Pertama

Dennis Tito merupakan seorang miliuner sekaligus insinyur Amerika yang menjadi turis luar angkasa pertama di dunia. Untuk perjalanan selama 1 minggu lebih di luar angkasa, Tito harus mengeluarkan dana sebesar $20 juta. Tetapi, sebelum melakukan perjalanan luar angkasanya, Tito harus menjalani serangkaian tes yang diberikan oleh Pusat Pelatihan Kosmonot Rusia (Star City).

Bukan hanya itu, Anousheh Ansari menjadi turis luar angkasa perempuan pertama di dunia. Ansari melakukan perjalanan luar angkasanya pada 18 September 2006 lalu. Ia menjelajahi luar angkasa via misi Soyuz TMA-9 bersama dengan 2 astronot. Ansari sendiri adalah seorang insinyur Iran-Amerika yang merupakan seorang muslim. Ansari adalah perempuan muslim pertama yang berhasil menjelajahi luar angkasa.

Biaya Selangit

Kalau ingin menikmati sensasi melayang selama 5-6 menit (dari durasi penerbangan 15 menit) di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dana yang diperlukan sekitar $200-250 ribu, via KosmoKurs. Bila ingn mendaftar di perusahaan Virgin Galactic, siapkan dana sekitar $200 ribu atau sekitar Rp. 2 miliar.

 

Source: alibi.id