Berita

Bangunan Terpanjang Tembok Besar China Punya Tantangan

Tembok Besar China (Foto: kompas.com)

Tembok Besar China merupakan salah satu objek wisata utama di Tiongkok, rasanya kurang lengkap kalau mengunjungi China tanpa berkunjung ke tempat ini. Sebagai bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, ada rumor mengatakan bangunan ini satu-satunya tempat wisata buatan manusia yang bisa dilihat dari bulan meskipun dibantah oleh NASA, hebatnya lagi tembok raksasa ini telah dibangun ratusan tahun yang lalu.

Kawasan ini selain indah dan menyimpan sejarah, lingkungannya bersih dan terawat. Pemerintah China sangat memperhatikan salah satu keajaiban dunia ini. Diolah dari indotravelers, tantangan The Great Wall berikut bisa menjadi refrensi liburan anda.

Sertifikat

Para pelancong akan ditawarkan sejenis surat sertfikat sebagai bukti bahwa pernah berkunjung ke Tembok China, sertifikat ini akan diambil setelah pulang dengan membayar sekitar Rp. 60 ribu. Bentuknya unik, terbuat dari lempengan bambu yang diikat dengan benang, mirip surat-surat di zaman kekaisaran lampau. Ada nama pengunjung yang terukir di surat tersebut, lengkap dengan tulisan China.

Taman, Bangku dan Toko

Hal pertama yang akan dilewati yaitu sebuah taman dengan bangku-bangku panjang berderet, ada juga toko souvenir yang menjual berbagai macam barang, minuman dan makanan. Area ini bisa juga digunakan untuk tempat menunggu bagi wisatawan yang tidak mampu naik ke atas tembok raksasa china, karena tembok ini memang memiliki jalan yang cukup curam.

Jalan yang Curam

Setelah melewati area tadi, pengunjung akan sampai di kuil pertama, tempat ini merupakan titik awal jalan menanjak menuju pos 1 Tembok China. Ada 8 pos gardu pandang yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, tapi harus pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima karena jalan antar pos ini menanjak dan menurun cukup tajam.

Paparan Cahaya Matahari

Selain jalannya yang curam, kawasan Tembok China sangat terekspos oleh cahaya matahari, kemungkinan para turis akan mengalami dehidrasi meski udara disana dingin. Belum lagi jarak antara anak tangga tinggi, bisa sangat memelahkan untuk didaki. Oleh karena itu, Jangan lupa membawa air minum selama berada di kawasan ini.