Berita

Taman Kowloon Walled City Landmark Penting di Hong Kong

Taman Kowloon Walled City (Foto: Istimewa)

Kunjungi situs bersejarah, struktur-struktur berarsitektur tradisional, dan area taman yang mempesona di Taman Kowloon Walled City. Dikutip dari expedia, salah satu landmark paling penting di Hong Kong ini pengunjung bisa melihat relik-relik kuno, mendatangi bangunan Yamen yang terkenal, atau sekadar mendapatkan 1 sampai 2 jam ketenangan di balik Kowloon yang kesibukannya seperti tak pernah berhenti.

Penah Menjadi Pemukiman Kumuh

Sejak tahun 1668, area ini selalu jadi titik penting perdebatan teritori antara Inggris dan China. Meskipun pernah dihancurkan pada tahun 1945 oleh Jepang dan setelahnya menjadi tempat pemukiman kumuh, situs ini dibangun kembali pada tahun 1995 menggunakan gaya asli kota Hong Kong dan relik-relik kuno. Kini, para pengunjung bisa menjelajahi 8 bagian taman ini, yang membentang di area seluas 2,4 hektar dan kesemuanya dirancang dengan gaya taman Jiangnan dari masa Dinasti Qing.

Bangunan Terkenal Yamen

Awali kunjungan kalian dari bangunan Yamen, satu-satunya bangunan asli dari Walled City ini yang masih berdiri. Bangunan tersebut dibagi menjadi 3 baris pemukiman, dibangun dalam gaya arsitektur China selatan dan saat ini digunakan sebagai kantor pengelola dan museum kecil. Diatas pintu depannya, Anda temukan sebuah prasasti bertuliskan “Almshouse”, yang menunjukkan bahwa dulunya bangunan ini digunakan sebagai panti jompo.

Jejak Hong Kong Abad 19

Kelilingi taman dan kunjungi Gerbang Old South Gate, dulunya merupakan gerbang utama kota, dimana wisatawan akan melihat jejak-jejak Hong Kong abad ke-19. Teruslah mengitari jalan setapak dari taman yang luas ini, terdapat kolam-kolam cantik, pohon magnolia, serta pohon-pohon bonsai dengan ragam bentuk. Tiap jalan setapak diberi nama sesuai dengan nama asli jalan di Walled City dulu.

Patung Lambang Shio

Perhatikan arsitektur Paviliun Mountain View yang mempesona, terinspirasi dari bentuk kapal laut, lengkap dengan atap gaya tradisional dan dek kayu. Dari sini, pelancong bisa menikmati pemandangan menuju Taman Chinese Zodiac, dimana setiap patung hewan lambang shio ditata menghadap arah-arah yang berbeda.