Berita

Star Ferry Perahu Bersejarah Wajib Dinaiki

Star Ferry Beroprasi Malam Hari (Foto: nationalgeographic.com)

Sebagai operator layanan kapal penyebrangan, Stra Ferry telah menjadi daya tarik wisata di Hong Kong. Rute utamanya mengangkut penumpang di sepanjang Pelabuhan Victoria, antara Pulau Hong Kong dan Kowloon. Armanda yang dibangun oleh The Star Ferry Company ini didirikan pada tahun 1888 dengan nama awal Kowloon Ferry Company. Diolah dari berbagai sumber, simak ulasan mengenai Star Ferry. Jangan bilang sudah pernah mengunjungi Hongkong kalau belum menaiki kapal ini.

Sejarah Singkat

Perusahaan ini didirikan oleh pedagang parsi Dorabjee Naorojee Mithaiwala tahun 1888. Naorojee membeli perahu Smith, lalu mengakuisisi kapal uap dari Buxoo. Popularitas sarana transportasi ini akhirnya bertambah armada menjadi 4 kapal dalam 10 tahun, seperti Morning Star, Evening Star, Rising Star dan Guiding Star. Masing-masing kapal memiliki kapasitas 100 penumpang. Sampai pembukaan Cross Harbour Tunnel pada tahun 1972, Star Ferry tetap menjadi sarana utama transportasi umum antara Pulau Hong Kong dan Kowloon

Rute Utama

Terdapat 12 kapal feri saat ini, pada bulan April 2011 Star Ferry beroprasi dengan 4 rute dan sekarang hanya untuk 2 rute. Rute utama yang dilintasi oleh kapal tersebut adalah antara Central dan Tsim Sha Tsui. Banyak wisatawan menggunakan jasa mereka sebelum jam 8 malam. Karena perahu ini akan berhenti agar para penumpang bisa menikmati pertunjukan yang menggabungkan lampu laser dengan kembang api diantara gedung-gedung pencakar langit.

Tarif Murah

Walaupun pelabuhan ini dilintasi oleh kereta api dan terowongan jalan, Star Ferry terus memberikan tarif penyeberangan yang murah. Tak heran, kapal ini telah membawa lebih dari 70 ribu penumpang dalah sehari, atau 26 juta dalam setahun tahun. Pada Februari 2009, hasil jejak pendapat oleh The Society of American Travel Writers perusahaan ini pernah menjadi nomor 1 kategori top 10 feri paling menarik.