Asia

Pulau Cheung Chau Menarik untuk Dikunjungi

Share
Pulau Cheung Chau dari kejauhan (Foto: Istimewa)

Meskipun berjarak hanya 16 km dari salah satu kota tersibuk di dunia, Cheung Chau menawarkan suasana yang cukup bertolak belakang, tenang dan merilekskan. Diolah dari expedia, bergabunglah bersama warga dan turis lainnya untuk menghabiskan satu hari di tempat wisata ini, sebuah cara yang menarik untuk merilekskan tubuh kalian.

Kendaraan Dibatasi

Pengunjung bisa naik feri untuk mencapai Cheung Chau dan mengelilingi pulau ini dengan sepeda. Disini kendaraan bermotor dibatasi penggunaannya, tapi sepertinya 23.000 penduduk yang mendiami pulau tidak menemukan masalah yang berarti meskipun tanpa mobil.

Luas total Cheung Chau hanya sekitar 242 hektar, dan kalau dilihat dari atas pulau tersebut berbentuk seperti 2 pulau bundar yang dihubungkan oleh sebuah area sempit. Wisatawan bisa menyeberang dari satu sisi pulau ke sisi lainnya dalam 5 menit saja.

Klenteng Tin Hau

Pertama-tama, mari kunjungi Klenteng Tin Hau, sebuah kuil berusia lebih dari 200 tahun yang didedikasikan bagi Dewi Laut agama Taoisme. Ada lebih dari 70 klenteng Tin Hau tersebar di seluruh penjuru Hong Kong, dan disinilah salah satunya. Para pemeluk agama Taoisme mengunjungi klenteng untuk memberi penghormatan kepada Dewi Tin Hau dan kemudian menikmati pemandangan yang menenangkan di bawahnya.

Gua Cheung Po Tsai

Lanjutkan petualangan ke Gua Cheung Po Tsai, dulu pada abad ke-19 berfungsi sebagai tempat persembunyian para bajak laut yang memimpin lebih dari 50.000 bandit dan 600 kapal perampok. Gua ini kemudian berubah menjadi kantor angkatan laut China. Disini memang tidak ada hal-hal semacam harta karun terpendam, tapi bukan berarti gua ini tidak asyik untuk dieksplor.

Tembok Besar China Mini Cheung Chau

Karena tampilannya yang mungkin mirip, jalur hiking┬áCheung Chau Family Trail juga dikenal dengan sebutan “Tembok Besar China Mini Cheung Chau”. Dengan formasi bebatuan yang tampak tak biasa, ditambah pemandangan pantai yang cantik, jalur hiking ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi wisatawan. Kunjungi pantai cantik Cheung Chau yang juga merupakan lokasi latihan atlet-atlet juara windsurfing. Kemudian kembalilah ke kotanya untuk menikmati sajian seafood yang segar dan sedap.

Bun Festival

Acara paling terkenal di Cheung Chau adalah Bun Festival yang diadakan setahun sekali pada musim semi. Perayaan yang berlangsung selama beberapa hari ini diselenggarakan untuk memberi penghormatan kepada para dewa-dewi yang telah melindungi warga kota. Bergabunglah bersama ribuan warga lokal Cheung Chau untuk menonton parade, tari barong, serta lomba mendaki “gunung bakpao”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *