Amerika Latin

Puerto Morelos Punya Terumbu Karang Terbesar Kedua di Dunia

Share
Pemandangan Puerto Morelos di Meksiko (Foto: locogringo.com)

Kehidupan di Puerto Morelos ini mudah dan penuh kedamaian. Desa pantai tersebut tetap memiliki karakter sepi walaupun terjadi pembangunan berskala besar di tempat lain sepanjang Riviera Maya. Dikutip dari expedia, Puerto Morelos memiliki atmosfer kota kecil. Penduduk setempat berkumpul di alun-alun utama untuk bercakap-cakap dan nelayan mengangkut tangkapan mereka dari ujung dermaga.

Hidup berjalan lambat di sini, namun pengunjung masih bisa menemukan banyak hal untuk dilakukan. Berjalan-jalanlah di pantai berpasir. Telusuri pasar pengrajin untuk topi buatan tangan, pakaian dan ukiran kayu. Lakukan snorkeling, menyelam dan memancing di perairan jernih Karibia. Pastikan untuk mengunjungi mercusuar yang berada di Puerto Morelos. Setelah tiga kali diserang badai, bangunan tersebut cenderung miring ke salah satu sisinya, namun masih tetap bertahan.

Terumbu Besar Maya

Salah satu yang paling menarik adalah Terumbu Besar Maya, yang terbentang hanya sejauh 550 yard (500 meter) di lepas pantai. Dengan panjang lebih dari 620 mil (1.000 kilometer), terumbu ini merupakan sistem terumbu terbesar kedua di dunia. Bagian dari tempat wisata ini telah ditetapkan sebagai taman nasional untuk melindungi flora dan faunanya.

Terumbu Besar Maya membentang dekat permukaan dan air dangkalnya membuat snorkeling mudah dilakukan. Di sini, wisatawan akan melintasi beberapa wilayah dari banyak spesies ikan, termasuk sidat, hiu perawat dan ikan kakatua. Terdapat juga bagian yang lebih dalam untuk dijelajahi oleh para penyelam scuba. Lakukan tur snorkeling atau penyelaman melalui toko selam di desa.

Keajaiban Alam

Di daratan terdapat lebih banyak kesempatan untuk lebih dekat dengan keajaiban alam daerah ini. Puerto Morelos dilatarbelakangi rawa bakau, rumah bagi ratusan spesies burung dan lebih dari seribu spesies tanaman. Tur ATV (All-Terrain Vehicle/Kendaraan Semua Medan) bisa dilakukan bersama perusahaan tur setempat.

Puerto Morelos merupakan kota pertama di sepanjang Jalan Raya 307, 24 mil (38 kilometer) selatan Cancun dan 22 mil (35 kilometer) utara Olaya del Carmen. Pengunjung tidak memerlukan kendaraan untuk mengelilingi desa, karena semuanya dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *