Asia

Menelusuri Penyebaran Islam di Museum Islam Penang

Share
Sumber: Istimewa

Kunjungi Museum Islam Penang untuk melihat salah satu bangunan Muslim dari abad ke-19 yang masih tersisa di kota dan pelajari sejarah penyebaran Islam di Penang. Diolah dari expedia, tempat wisata satu ini pasti sangat bermanfaat bagi kaum muslim terutam yang tertarik dengan sejarah penyebaran Islam di berbagai wilayah.

Gaya Arsitektur Melayu

Salah satu dari yang pertama kali pengunjung temukan dari Museum Islam Penang adalah gedungnya yang bergaya arsitektur menarik. Susuri halamannya dan perhatikan desain bangunannya, dahulu tempat ini merupakan mansion milik seorang pedagang Islam bernama Syed Alatas. Dindingnya berwarna putih, dengan atap segitiga yang tak terlalu tinggi, dan ukiran-ukiran yang cantik, tak lain merupakan tipikal gaya arsitektur kawasan selat Melayu.

Diorama Mengesankan

Lihat perabotan khas abad 19 dan bayangkan barang-barang ini dulu menghiasi rumah-rumah di masa tersebut. Dari sini, melangkahlah menuju atraksi paling mengesankan dari museum ini, yaitu sebuah diorama yang menggambarkan suasana pelabuhan. Jika diperhatikan dengan baik-baik, wisatawan akan temukan bahwa gambaran tersebut sebenarnya menceritakan perjalanan ziarah menuju Mekkah. Para calon haji sedang berkumpul di dok pelabuhan bersama barang-barang bawaan, bersiap-siap untuk sebuah perjalanan panjang ke Barat.

Perhatikan diorama tersebut dengan seksama dan pelajari tokoh-tokoh penting yang telah membawa Islam ke Penang. Pengunjung juga bisa melihat sejumlah artefak, seperti perabotan dan ornamen yang dulu menghiasi rumah-rumah pemuka agama Islam di kota ini.

Sejarah Tokoh Islam

Baca juga tentang sejarah kota yang penuh warna ini. Selain sebagai seorang pedagang yang disegani, Syed Atalas juga merupakan pemimpin Organisasi Rahasia Bendera Merah, sebuah organisasi yang terlibat dalam Kerusuhan Penang pada tahun 1867, memakan ratusan nyawa. Pelajari lebih lanjut tentang tokoh-tokoh Islam lainnya pada masa tersebut di galeri-galeri museum ini.

Menuju Museum Islam Penang

Museum Islam Penang terletak di pusat Penang dan bisa dicapai dengan beberapa jalur bus. Wsatawan bisa berhenti di halte Lebuh Carnavon, kemudian berjalan melewati persimpangan Lebuh Acheh. Museum tutup setiap hari Selasa dan hari libur Islam, dan terdapat biaya masuk yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *