Asia

Nikmati Santainya Jalan Kaki di Pulau Gulangyu

Share
Sumber: pixabay.com

Pulau Gulangyu yang memiliki beberapa vila menawan dari zaman kolonial, mutu udara baik, dan pohon beringin yang teduh, adalah sebuah tempat wisata menyenangkan dan populer di Xiamen. Bersumber dari expedia, coba susuri jalur bebas mobil, singgah di restoran kecil untuk menikmati teh tarik dan dengarkan musik piano yang sering terdengar mengalun melewati jalanan.

Pernah Diduduki 14 Negara

Sebagai konsesi asing Xiamen hingga Perang Dunia II, pulau ini pernah diduduki oleh empat belas negara berbeda antara abad ke-19 dan awal abad ke-20. Perhatikan banyaknya bangunan dari zaman kolonial yang masih bertahan, kenangan yang jelas akan sejarah pulau ini.

Suasana Santai

Berukuran kurang dari 2 kilometer persegi, pulau Gulangyu merupakan tempat sempurna untuk berjalan kaki dan menikmati suasana santai. Aneka bunga elok berjejer di Jalan Fuzhou Lu dan Guxin Lu sepanjang tahun. Untuk suasana yang lebih tenang, berjalan kakilah menjauhi terminal kapal feri yang ramai.

Bangunan Tua

Pergilah ke sebelah tenggara dermaga, amati bekas Rumah Sakit Bo’ai yang didirikan Jepang, telah ada sejak tahun 1936. Susuri Lujiao Lu untuk melihat gedung Konsulat Jepang tua dan gereja katolik Ecclesia Catholica dari awal abad ke-20. Jangan lewatkan Guancai Lou, sebuah tempat tinggal tua yang dirancang oleh Belanda, dibangun pada tahun 1931. Seperti banyak bangunan di temapt ini, bangunan tersebut tidak terlalu terawat dengan baik selama bertahun-tahun, namun menampilkan pemandangan termakan usia nan elok dan mempertahankan banyak aspek aslinya.

Dijuluki Pulau Piano

Cari tahu mengapa Gulangyu dijuluki “Pulau Piano” dengan mengunjungi museum unik yang berada di Kebun Shuzhuang. Museum ini menampung lebih dari 30 piano bersejarah dari seluruh dunia, yang dikumpulkan penduduk asli Gulangyu, Hu Youyi. Lihatlah piano Amerika Steinway and Sons dari abad ke-19 dan sebuah piano berpelat emas.

Bentangan Pemandangan

Di bagian selatan tengah pulau temukan Sunlight Rock, yang merupakan titik tertinggi pulau. Susuri bukit setinggi 93 meter ini, perhatikan parasasti kuno yang dipahat sepanjang jalan setapak berbatu. Dari puncak bukit nikmati bentangan pemandangan ke seluruh pulau dan Xiamen di seberang perairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *