Berita

Coba Kunjungi National Gallery Ada Karya Raden Saleh

Sumber: femaledaily.com

National Gallery berlokasi di St. Andrew’s Road, bagian tengah kota Singapura, telah resmi dibuka untuk publik pada bulan November 2015 lalu. Pemerintah Singapura membangun tempat wisata ini agar Negeri Singa Putih tersebut bisa menjadi global art center yang menghubungkan sejarah dan karya seni negaranya dengan Asia Tenggara dan seluruh dunia. Bersumber dari yoursingapore simak refrensi liburan yang sarat nilai seni ini.

Dua Bangunan Menjadi Satu

National Gallery Singapur terdiri dari 2 bangunan kuno, yaitu City Hall (Balai Kota) dan Supreme Court (Mahkamah Agung), yang sudah berdiri semenjak zaman penjajahan Inggris dulu. City Hall sudah ada dari tahun 1926 dan Supreme Court dibangun pada1937. Kedua gedung ini merupakan gedung-gedung terakhir yang ditinggalkan oleh kolonial Inggris.

Ide agar kedua bangunan bersejarah tersebut menjadi sebuah galeri seni muncul pada tahun 2005. Uniknya, proses perancangan National Gallery Singapur dilakukan melalui sayembara yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Ribuan Koleksi Seni

Galeri ini memperlihatkan lebih dari 8 ribu koleksi seni, menjadikannya salah satu koleksi publik terbesar dan paling berharga dalam dunia seni modern Singapura dan Asia Tenggara sejak abad ke-19 sampai sekarang. National Gallery Singapura berfokus untuk menawarkan pengalaman seni yang unik, mengilhami apresiasi internasional atas sejarah dan warisan budaya.

Terpajang Karya Raden Saleh

Ada representasi menyeluruh dari seni disini, termasuk lukisan dan karya penting dari seniman besar Singapura, misalnya Georgette Chen, Chen Chong Swee, Chen Wen Hsi, Cheong Soo Pieng, dan Liu Kang. Galeri ini juga menampilkan karya besar dari seniman top Asia Tenggara termasuk Raden Saleh (Indonesia), Latiff Mohidin (Malaysia), Montien Boonma (Thailand), U Ba Nyan (Myanmar), Nguyen Gia Tri (Vietnam), Svay Ken (Kamboja), dan Fernando Cueto Amorsolo (Filipina).

Program Menarik

Wisatawan akan mendapat pengalaman baru dari beragam program menarik disini, seperti tur yang dipandu, berbincang dengan seniman, diskusi dengan kurator, dan serangkaian diskusi untuk memperdalam wawasan terhadap pameran ini dari sudut yang berbeda. Para pengunjung juga akan menikmati pengalaman di pusat pendidikan seni yang artistik.