Asia

Maya Bay Tujuan Liburan Paling Indah di Thailand Selatan

Share
Sebuah sampan di kawasan Maya Bay (Foto: Istimewa)

Maya Bay terletak di pulau tak berpenghuni Phi Phi Ley, tak jauh dari Phuket, Thailand Selatan. Dulunya banyak yang tak mengetahui keindahan teluk ini. Tapi sejak dipakai di film The Beach, keindahannnya mulai menarik perhatian para wisatawan. Bersumber dari expedia, meski tempat wisata ini memang semakin populer, teluk ini tetap menjadi salah satu tujuan liburan alam yang paling indah di Thailand Selatan.

Sampan Warna-Warni

Berjalan-jalanlah di sepanjang kelok pantai berpasir putihnya. Sekali-kali, berhenti sebentar untuk mengambil foto sampan berwarna-warni yang cantik, kontras dengan air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan. Pengunjung juga bisa mencoba berenang di lautnya yang jernih atau menjelajahi gua-gua laut di balik tebing kapurnya.

Ragam Kehidupan Laut

Walaubeberapa bagian batu karang (terutama di bagian teluk yang dangkal) sudah rusak, daerah ini masih tetap merupakan destinasi diving yang istimewa. Menyelam di Maya Bay Corner menawarkan kesempatan bagi para pemula untuk menjelajahi ragam kehidupan laut di balik batu karang dan gua-gua laut.

Penyelam yang sudah lebih berpengalaman bisa menuju Maya Bay South dimana berkumpul spesies hiu karang, ragam kura-kura, dan ikan Bannerfish. Rencanakan sebuah trip ke Garang Heng (tempatnya karang-karang jenis lembut) untuk menyelam bersama hiu leopard, gerombolan barakuda, dan ikan ekor kuning.

Setiap harinya sejumlah powerboat, sampan, dan kapal pesiar berkumpul di teluk ini untuk mengantar ratusan pengunjung. Sekitar pagi menjelang siang, teluk akan cukup ramai, jadi coabalah untuk datang lebih awal atau setelah jam 5 sore untuk menikmati keindahan teluk dengan tenang.

Berkemah

Sebuah snack bar kecil dan kamar mandi umum merupakan satu-satunya fasilitas umum di Maya Bay. Akomodasi permanen memang tidak dibolehkan disana, namun wisatawan bisa menginap dengan berkemah. Menginap semalam adalah cara terbaik untuk menikmati teluk tanpa diganggu oleh keramaian. Melihat bintang-bintang di langit Maya Bay yang seakan-akan dipeluk tebing-tebing karang tinggi merupakan pengalaman yang pasti tak terlupakan.

Akses

Maya Bay bisa dicapai dengan mudah dari Phuket dan Krabi. Tersedia banyak sampan dan feri untuk mengantar pengunjung, mulai dari yang langsung atau yang menawarkan beberapa pemberhentian. Waktu terbaik untuk mengunjungi Maya Bay adalah antara November sampai April karena cuacanya tenang dan air lautnya paling jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *