Berita

Masjid Agung Xi'an Cocok untuk Wisatawan Muslim

Sumber: Istimewa

Bagi wisatawan muslim yang ingin berkunjung ke China, coba saja datang ke tempat ini. Lihatlah perpaduan menarik antara kebudayaan Islam dan arsitektur tradisional China di kompleks religius yang terdiri atas taman dan bangunan bersejarah ini. Diolah dari expedia, mari berkenalan dengan Masjid Agung Xi’an.

Tempat Ibadah Tertua

Masjid Agung Xi’an merupakan salah satu tempat ibadah Islam tertua dan terpenting yang ada di China. Didirikan pada masa dinasti Tang, masjid ini terdiri atas beberapa bangunan dan pelataran cantik seluas 1,2 hektar. Nikmati suasana tenang saat mengelilingi keindahan taman-tamannya.

Perpaduan Islam dan China

Catatan sejarah yang tertulis pada sebuah lempengan di dalam masjid mengatakan bahwa situs ini dibangun pada tahun 742 M, saat Islam diperkenalkan di barat laut China. Masjid ini terlihat menonjol berkat perpaduan antara ciri khas desain Islam dan China. Perhatikan bagaimana paviliun China menggantikan menara dan kubah pada masjid tradisional. Abadikan juga foto pagoda yang lebih terlihat seperti kuil Buddha.

4 Taman yang Indah

Tamannya dikelilingi oleh deretan bunga, pepohonan, dan kolam. Tataplah gerbang lengkung megah dari kayu di pekarangan pertama. Gerbang ini dibangun pada abad ke-17 dan memiliki atap glasir. Amati perabotan kuno dari dinasti Ming dan Qing. Pergilah ke pekarangan kedua untuk melihat lengkungan batu dan karya seni dari ahli kaligrafi ternama, Mi Fu dan Dong Qichang. Sebagian besar tulisannya menggunakan bahasa Arab. Di pekarangan keempat, terdapat aula sholat besar yang bisa menampung lebih dari 1.000 jemaat. Amati lukisan penuh warna dan menakjubkan yang menghiasi dinding interiornya.

Penuh Ketenangan

Wisatawan bisa mengikuti salah satu dari 5 kali ibadah sholat yang dilakukan setiap hari. Areanya yang tenang sangat kontras dengan jalan yang sibuk di luar masjid. Hanya Muslim yang diizinkan untuk memasuki aula sholat utama. Pada saat berlangsungnya ibadah, non-Muslim dilarang memasuki area. Di luar waktu ibadah, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk.

Objek Wisata Sekitar

Masjid Agung Xi’an berada di area Lianhu di pusat kota. Objek wisata di sekitarnya antara lain Menara Genderang, Taman Huancheng, dan Taman Lianhu. Para wisatawan bisa menggunakan bus ke salah satu dari sekian banyak halte terdekat. Berjalanlah ke Kawasan Muslim yang tak jauh untuk melihat tradisi Islam di kota ini.