Asia

Istana Kekaisaran Tokyo Tempat Wisata yang Asyik

Share
Istana Kekaisaran Tokyo (Sumber: Istimewa)

Istana Kekaisaran Tokyo senantiasa menjadi kediaman utama bagi keluarga kaisar Jepang. Seperti juga kediaman pemimpin negara lainnya, area bangunan dan taman tidak terbuka untuk umum. Informasi dari expedia menyatakan, setiap 2 tahun sekali (tanggal 23 Desember dan 2 Januari), wisatawan bisa memasuki area taman dalam untuk melihat keluarga kaisar memberi salam dari balkon.

Peninggalan Sang Shogun

Dulunya Tokyo bernama Edo. Dari tahun 1600-an hingga 1867, shogun yang menguasai Edo menempati situs di pusat Tokyo dan mendiami Istana Edo. Pada tahun 1868, saat shogun ditaklukkan, Jepang memindahkan ibukotanya dari Kyoto ke Tokyo dan kemudian menempati situs Istana Edo. Setelah sebuah kebakaran menghancurkan sebagian besar kompleks istana, pemerintahan Jepang membangunnya kembali pada tahun 1888.

Parit Lebar

Di kompleks istana ini, pengunjung akan lihat dinding-dinding batu, menara yang menjulang, serta jembaran Nijubashi yang menghubungkan antara halaman dalam dan luar istana. Dalam kompleks ini para turis juga akan temukan parit lebar yang dulunya memang diperlukan sebagai pelindung istana dari serangan luar.

Relik Zaman Istana Edo

Pada sisi timur istana, terletak Imperial Palace East Garden, yang buka setiap hari bagi masyarakat umum, kecuali pada hari Senin dan Jumat. Ke taman ini kalian bisa menikmati ruang hijau yang tenang dengan kolam ikan dan taman khas Jepang yang tertata baik. Relik-relik dari dinding zaman Istana Edo juga masih tampak. Tak jauh dari sini terletak National Museum of Modern Art Tokyo, MOMAT Kogeikan Crafts Gallery, dan Science Museum.

Pusat Pertunjukan

Sisi utara istana ini adalah Taman Kitanomaru, lokasi dari Budokan Hall. Budokan adalah pusat bagi pertunjukan beladiri, gulat, serta konser musik, mulai dari The Beatles hingga Taylor Swift. Kuil Yasukuni juga bisa dicapai dengan berjalan singkat dari Istana Tokyo, di sebelah barat lautnya.

Lokasi

Istana ini terletak di pusat Tokyo dengan lahan seluas 3,4 km persegi. Dari stasiun Tokyo, jaraknya cuma beberapa menit. Stasiun Otemachi adalah stasiun yang terdekat ke East Garden, sedangkan Kudanshita adalah yang terdekat ke Budokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *