Indonesia / Video Drone

Wisata Pulau Pari di Kepulauan Seribu Teluk Jakarta Dengan Pantai Pasir Perawannya

Share

Pulau Pari memang layak menjadi salah satu pulau primadona di Kepulauan Seribu karena keindahan pesona alamnya yang sangat indah, alami dan segar yakni hamparan pasir putih yang bersih, air laut biru yang jernih serta pesona alam pulau yang masih sangat alami dan segar.

Dermaga Pulau Pari Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta

Pulau Pari adalah satu dari 324 pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau Pari dapat dicapai dengan perjalanan sekitar satu jam menggunakan speedboat dari dermaga Pantai Marina, Ancol, Jakarta Utara. Disebut Pulau Pari karena bentuk pulau itu yang mirip dengan ikan pari.

Sebelum kondang menjadi destinasi wisata seperti sekarang ini, pulau seluas 41,32 hektare itu awalnya sebuah daratan kosong tak berpenghuni. Lalu para nelayan yang mencari ikan di sekitar perairan Pari menjadikan pulau tersebut sebagai tempat tinggal.

Menurut versi resmi sejarah Pemkab Kepulauan Seribu, Pulau Pari diberi nama pada era kolonial Belanda. Alkisah, banyak warga dari Tangerang, Banten, yang melarikan diri ke Pari untuk menghindari kerja paksa. Warga pelarian itu disebut-sebut sebagai penduduk pertama di Pulau Pari.

Dulu Pulau Pari termasuk wilayah administratif Kelurahan Pulau Tidung. Kini pulau tersebut berada di bawah Kelurahan Pari, yang menaungi sembilan pulau lain selain Pulau Pari. Kantor Kelurahan Pari sendiri terletak di Pulau Lancang.

Pulau Pari mulai berkembang menjadi tujuan wisata sekitar 2010. Hal itu terjadi seiring dengan menurunnya bisnis rumput laut, yang sempat booming di pulau tersebut. Rumput laut hasil binaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia itu bahkan diekspor hingga ke Jepang.

Pulau Pari sendiri memiliki 3 objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan bagi para wisatawan yang berlibur di Pulau Pari, seperti Pantai Perawan, Pantai Pasir Kresek, dan juga Dermaga Bukit Matahari yang masing-masing siap memberikan pemandangan pesona alam Pulau Pari yang sangat indah.

Di Pulau Pari, selain para wisatawan dapat menikmati pemandangan pulau dan pantai yang indah, para wisatawan pun dapat beraktifitas seperti menyewa berbagai fasilitas menarik seperti berkeliling pulau dengan bersepeda dengan udara yang sejuk dan segar, snorkeling dan sebagainya.

Pantai Pasir Perawan Pulau Pari Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta Pantai Pasir Perawan Pulau Pari Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *