Indonesia / Video Drone

Video Udara Kampung Sampireun di Garut Seperti Negeri Dongeng

Share

Seperti negeri dongeng, kampung Sampireun merupakan hotel resort dengan nuansa perkampungan Sunda berlokasi di dataran tinggi sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Meski berada di dataran tinggi, hotel resort yang satu ini dibangun di atas danau, sehingga memberikan nuansa romantis yang menyejukkan hati.

Dengan lokasi resort yang di atas danau, anda dapat menikmati kesejukan danau bersama pasangan kekasih di atas perahu berbalutkan nuansa alam yang hijau, menyegarkan hati.

Hotel Kampung Sampireun mulai beroperasi pada bulan Januari 1999 yang peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pariwisata Seni dan Budaya, Bapak Marzuki Usman pada tanggal 4 September 1999. Berlokasi di Kampung Ciparay, desa Sukakarya, kecamatan Samarang, Garut, jawa Barat, Kampung Sampireun menempati lahan seluas 3,6 hektar.

kampung sampireun

Selain itu Kampung Sampireun memiliki fasilitas standard Hotel yang cukup lengkap, antara lain Seruling Bambu Restaurant, Bale Putri Amantie, Waroeng Kopi ala kampung sebagai tempat interaksi Warga Kampung (Tamu dan Karyawan), tradisional Kiara Payung Meeting Room yang menampung hingga 45 orang, Taman Sanghyang Dayu Garden yang dapat dipergunakan sebagai tempat “Dinner Party”, Kolam Renang, dan Taman Sari Royal Heritage Spa yang berdiri pada tahun 2003. Peresmian pembukaan Spa tersebut dilakukan oleh Amelia Vega, Miss Universe 2003, serta juga fasilitas Children Playground.

Kampung Sampireun sendiri diambil dari nama Situ yang artinya Danau, dan Sampireun yang dalam bahasa Indonesia berarti Tempat Singgah. Danau ini memiliki sumber mata air yang cukup besar yang masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi sawah-sawah dan pemandian umum.

Di salah satu sudut kompleks masih dipertahankan kebun bambu yang menambah nuansa sejuk dan tenang dengan suara gemerisiknya. Tanaman Pinus yang rindang dan sudut-sudut lainnya ditata asri dengan tema “Tropical Garden Lust”.

Per 9 Januari, Kampung Sampireun juga telah mendapatkan predikat bintang tiga dari Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSU) sehingga saat ini hotel resort ini sudah menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Garut. Sebaliknya, kampung Sampireun juga sering menjadi alasan utama bagi wisatawan dari kota-kota besar lainnya untuk berkunjung ke kabupaten Garut.

Dengan temperatur yang sangat sejuk antara 12 C-18 C, dan konsep yang unik yaitu “Back To Nature” maka Kampung Sampireun menjadi tempat favorit bagi mereka yang berbulan madu dan untuk meluangkan akhir pekan bagi pribadi-pribadi yang membutuhkan istirahat dari rutinitas sehari-hari di kota besar. Banyak wisatawan yang merasa Kampung Sampireun serasa menjadi oasis di kabupaten Garut, terutama setelah penatnya perjalanan menuju ke kabupaten Garut. Bagi beberapa wisatawan lain, hotel resort ini juga menjadi legenda yang cukup terkenal terutama bagi wisatawan Asia Tenggara.

sumber : 1001malam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *