Indonesia / Video Drone

Video Udara : Hutan Pinus dan Legenda di Gunung Pancar

Share

Di tempat wisata ini terdapat track sepeda gunung, hiking, berkuda, rumah pondokan hutan, penangkaran rusa, bird park. Gunung Pancar yang hanya memiliki ketinggian 800 meter dari permukaan laut ini sering menjadi buah bibir bagi orang-orang yang percaya pada hal gaib atau yang suka mencari pusaka. Di Gunung Pancar juga terdapat beberapa makam keramat yang diperkirakan sudah tua usianya. Beberapa tokoh sejarah terkenal, seperti Mbah Kalijaga, Mbah Raden Surya Kencana, Ki Mas Manggala, Ki Mas Bungsu, Mbah H. Dalem Putih, Mbah Raden Balungtunggal, dan Mbah Raden Lawulung pernah dimakamkan di sana.

hutan pinus gunung pancar

Makanya, banyak yang berkunjung ke makam keramat di Gunung Pancar demi mencari wangsit. Gunung Pancar juga diyakini menyimpan banyak pusaka, seperti cincin, tombak, keris, dan benda-benda peninggalan kerajaan zaman dulu. Di hari tertentu, Gunung Pancar juga suka memancarkan cahaya terang yang bikin mata silau. Katanya, cahaya tersebut berasal dari Besi Koneng yang dipercaya sebagai peninggalan dari salah satu tokoh sakti yang dimakamkan di sana.

Masyarakat setempat juga percaya bahwa Gunung Pancar adalah awal dan akhir kehidupan di bumi. Dulu, ketika bumi belum ada penghuninya dan belum memiliki gunung, bumi sering mengalami guncangan hebat. Setelah itu muncul gunung pertama yang kini dinamakan Gunung Pancar. Kata “Pancar” berasal dari kata “Pancer” yang berarti pasak. Sehingga, masyarakat percaya bahwa Gunung Pancar adalah pondasi bumi paling utama. Jika Gunung Pancar hancur, bumi bakal ikut hancur.

hutan pinus gunung pancar

Fasilitas di Gunung Pancar
Selain menikmati suasana Gunung, anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti Farming Park, Outbound yang meliputi flying fox, jembatan gantung, jembatan elvis, jembatan tali dua, hell barier, spider web, close eye, paintball, ice breaking serta turun tebing.

Bukan hanya itu saja, disini juga tersedia 200 tenda untuk Camping Ground Area dan memiliki 30 toilet. Di Farming Park anda bisa melihat budidaya tanaman di sekitar rumah penduduk. Menyediakan track untuk bersepeda di farming park. Ada beberapa jenis burung yang bisa anda temui seperti elang, kutilang, ayam hutan merah, srigunting, jalak, enggang dan jenis – jenis rusa seperti rusa tutul, jawa dan bawean.

Sejarah Gunung Pancar
Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakann Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini penuh dengan mitos. Konon menurut masyarakat setemapt, gunung ini disebutkan sebagai awal dan akhir kehidupan di muka bumi. Dulu sebelum ada kehidupan di bumi, saat itu belum ada gunung dan kerap kali tempat ini berguncang serta sering memporak porandakan isinya. Meskipun tidak seberapa tinggi yakni 800 mdpl

Kabarnya karena sering berguncang, muncullah sesuatu yang besar yaitu Gunung Pancar. Tempat ini juga menjadi tempat para pengunjung yang ingin mempelajari hal-hal gaib. Gunung Pancar dipercaya sebagai pondasi bumi yang utama. Kata pancar sendiri berarti tongga atau pasak. Jika gunung ini hancur karena letusannya, maka itu pertanda hancurnya alam semesta.

Gunung ini dipercaya sebagai pusat kerajaan gaib para makhluk halus bahkan masyarakat sebagian percaya sebelum hari kiamat, seluruh mahluk halus sebangsa jin, setan iblis dan siluman penghuni gunung akan terjebak disuatu peperangan dan dimenangkan oleh para mahluk halus yang bertahta di puncak Gunung Pancar yang terdapat makam – makam keramat berusia sangat tua.

Beberapa tokoh legenda disini adalah makam Mbah H Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Mbah Raden Lawulung, Mbah Raden Surya Kencana, Mbah Kalijaga dll. Ada satu benda pusaka yang diburu dan misterius. Yakni Besi Koneng yang memiliki cahaya beroenndar serta berdaya gaib tinggi. Ini diperkirakan peninggalan tokoh sakti yang ada di dalam salah satu makam keramat disana.

Akses Lokasi Gunung Pancar
Untuk menuju Gunung Pancar yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter mdpl, anda bisa melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus mengikuti jalan melewati Desa Babakan Mandag dan Desa Karang Tengah.

akses jalan ke gunung pancar

Kondisi jalannya sudah beraspal dan cukup baik dengan jarak kurang lebih 13 km dan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Jika anda menggunakan motor atau sepeda, anda bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga. Namun yang perlu diingat adalah medan sebuah gunung membutuhkan tenaga ekstra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *