Berita

Victoria Peak Primadonanya Hong Kong Penuh Kenangan

Sunrise di Victoria Peak (Foto: throughstrangelenses.com)

Victoria Peak yang sering disebut The Peak merupakan sebuah gunung di Hongkong bagian Barat Daya dengan ketinggian 552 meter diatas permukaan laut, dan menjadi lokasi tertinggi di Pulau Hong Kong. Kawasan ini adalah salah satu tempat wisata yang paling popular bagi wisatawan lokal, sekitar 6 juta orang mengunjunginya tiap tahun. Dari berbagai sumber yang diolah, simak ulasan berikut sebelum kalian pergi kesana.

Daya Tarik

Wisatawan dunia sangat tertarik untuk berkunjung ke Victoria Peak Karena pemandangannya yang indah. Hal ini juga menjadi alasan kepopularan The Peak. Pada siang hari, para pengunjung akan melihat kilauan gedung pencakar langit dan pelabuhan Victoria yang berlatar hijaunya New Territories. Sementara di malam hari, seluruh pulau Hong Kong dan semenanjung Kowloon dapat terlihat, ditambah deretan lampu gemerlap semakin mempercantik panorama kawasan ini.

Titik Pemandangan

Bentuk paron Peak Tower memiliki dek observasi bernama Sky Terrace 148 yang berada disamping restoran dan pertokoan, titik ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan. Lokasi lain ada Lugard Road Lookout, Lions View Point Pavilion, dan dek observasi di Peak Galleria. Para pelancong bisa menikmati suasa sambil jalan santai di Peak Circle Walk sepanjang 3,5 km.

Transportasi

Victoria Peak bisa dicapai dengan Peak Tram, sebuah kereta funikular. Kereta ini sudah beroperasi lebih dari 100 tahun, sampai sekarang belum pernah terjadi kecelakaan sekalipun. Menggunakan Peak Tram membutuhkan sekitar 8 menit agar sampai di puncak. Penumpang bisa melihat pemandangan Pulau Hong Kong di satu sisi. Tram ini beroperasi dari jam 7 pagi sampai tengah malam setiap hari.

Peak Tower

Menara dengan 7 lantai di Victoria Peak ini menjadi pemberhentian paling atas dari Peak Tram. Peak Tower memiliki desain menarik dan tak mengganggu pemandangan sekitar. Sang arsitek Terry Farrell merancang menara tersebut dalam bentuk mirip sebuah wajan. Area ini terdapat beberapa spot wisata menarik seperti Madame Tussauds yang memiliki patung lilin orang-orang ternama mulai dari artis sampai tokoh politik dan menyerupai aslinya, gedung Ripley Believe It or Not! sampai The Peak Explorer Motion Simulator.