Berita

Dapatkan Tiket Murah Tanpa Menunggu Promo

Ilustrasi: Istimewa

Berburu tiket pesawat terbang murah saat ini sepertinya sudah jadi satu rutinitas wajib, terlebih bagi frequent traveler. Momen dimana ada promo hampir pasti ditunggu-tunggu, lantaran godaan harga yang terkadang merosot jauh. Pertanyaannya, bagaimana mendapatkan tiket pesawat terbang murah tanpa harus menunggu promo? Tips-tips berikut dari Skyscanner perlu kalian amati.

1. Perhatikan Tujuan

Kalau memilih rute yang banyak dilayani maskapai, contohnya Singapura, Yogyakarta, Kuala Lumpur, Bali dan Surabaya, kalian harus pandai membaca harga karena cenderung fluktuatif. Disaat kalian pikir itu sudah jadi penawaran paling murah, jangan sekali-kali menunda pembelian.

Tapi bila tujuan perjalanannya bukan merupakan rute ramai, kecuali high season, harga tiket pesawat jalur ini cenderung lebih stabil. Faktanyanya banyak maskapai di jalur tersebut menerapkan sistem year round fare, artinya harga tiket kurang-lebih sama sepanjang tahun.

2. Pilihan Maskapai

Setelah menentukan rute, perhatikan juga maskapai yang akan dipilih. Low Cost Carrier (LCC) cenderung lebih murah kalau dipesan jauh-jauh hari. Untuk pemesanan yang dilakukan hanya beberapa minggu atau hari sebelum keberangkatan, maka harganya dijamin akan meroket. Sementara maskapai full service cenderung stabil.

3. Periode Perjalanan

Diwaktu akhir pekan, long weekend dan musim liburan harga tiket selalu mahal, maka coba bepergian di periode low season, seperti bulan September-November dan Februari-April. Selain itu, kalian juga bisa mengakalinya dengan memilih kombinasi hari Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa dan Minggu-Rabu.

4. Tanggal Keberangkatan

Setelah mantap memilih hari, perhatikan juga tanggal keberangkatan. Seringkali, harga tiket pesawat di tanggal 20-an cenderung lebih murah apabila dibandingkan awal atau pertengahan bulan. Jadi, ada baiknya juga merencanakan liburan di tanggal-tanggal tersebut.