Berita

Tempat Wisata Misterius yang Bikin Penasaran

Ilustrasi Wisata Misterius (Sumber: Istimewa)

Meskipun banyak tempat wisata yang menarik dan terbuka untuk dikunjungi, tetap saja banyak turis ingin pergi ke tempat misterius dan tertutup bagi umum. Rasa penasaran memang sulit untuk ditahan, 10 tempat terlarang seperti diberitakan Deutsche Welle berikut menjadi incaran para wisatawan walaupun mendapat predikat terlarang untuk dikunjungi.

1. Area 51 Nevada AS

Sudah lama Area 51 di Nevada menjadi lokasi yang memancing rasa penasaran wisatawan. Kawasan tertutup ini merupakan zona militer AS untuk melakukan beragam ujicoba teknik baru. Namun yang membuat keingintahunan pelancong adalah berita mengenai jatuhnya UFO beserta penumpangnya di lokasi tersebut tahun 1947. Oleh karenanya setiap tahun para pecinta kisah UFO datang berziarah kesana.

2. Pulau North Sentinel Andaman

Pulau ini dinyatakan tertutup bagi siapapun. Selain sulit dicapai lewat laut, disana bermukim etnis Sentinel sejak 60.000 tahun terisolasi dari dunia luar. Pemerintah India menetapkan larangan mendekat hingga 3 mil dari tempat itu untuk menjaga keaslian etnis dan lingkungan. 2 nelayan terbunuh pada 2006 saat mencoba melanggar larangan tersebut.

3. Gua Lascaux Perancis

Gua Lascaux di Perancis ditemukan secara tidak sengaja oleh 4 remaja pada 1940. Dalam gua terdapat ribuan gambar dari jaman pra-sejarah dan hanya 600 yang sejauh ini bisa diidentifikasi. Tahun 60-an gua ditutup untuk turis, karena takut rusak dan terserang jamur. Sekarang turis hanya bisa menonton replika gua yang berlokasi tak jauh dari gua asli.

4. Makam Kaisar Qin Shi Huang Cina

Qin Shi Huang yang wafat 210 SM di sebuah bukit hingga kini tetap jadi misteri. Salah satu prestasi arkeologi paling besar yakni temuan ribuan tentara terakota pada 1974. Makam kaisar yang dijaga 8.000 serdadu terakota itu dilengkapi berbagai perangkap, sehingga aman dan tak terjamah selama 2 millenium. Pemerintah Cina juga telah menghentikan riset lebih lanjut.

5. Pulau Ular Brazil

Nama aslinya adalah Ilha da Queimada Grande berlokasi sekitar 36 km dari pesisir Sao Paulo. Pulau seluas 43 hektar ini merupakan habitat ular beracun. Ada 4 ribu ekor ular jenis di pulau kecil itu. Pemerintah Brazil menutup pulau bagi kunjungan wisata dengan alasan keamanan. Hanya beberapa ilmuwan diizinkan meneliti ular di pulau beberapa tahun sekali.

6. Pulau Heard Australia

Pulau tandus di dekat Kutub Selatan ini adalah pulau gunung api yang muncul dari dasar laut. Sampai sekarang gunung api Mawson Peak atau dijuluki “Big Ben” tetap aktif dan berbahaya. Pulau seluas 370 km2 itu merupakan habitat bagi Pinguin Raja, anjing laut dan sejumlah hewan endemik lain. Larangan kunjungan bagi turis ditujukan untuk mencegah kerusakan lingkungan dan pertimbangan keamanan.

7. Pulau Poveglia Italia

Pulau kecil dekat Venezia ini pada abad 14 pernah dijadikan tempat isolasi penderita wabah sampar. Seiring berjalannya waktu beralih fungsi menjadi rumah sakit jiwa yang ditutup akhir 1960-an. Setelah itu Poveglia tidak lagi dikunjungi orang, dan banyak pendapat bahwa lokasi itu penuh hantu yang paling mengerikan di dunia.

8. Arsip Rahasia Vatikan

Di balik tembok Vatican City ada ruang arsip bawah tanah dengan rak sepanjang 80 km, tersimpan jutaan dokumen bersejarah yang tak ternilai harganya. Selain mencatat aktivitas Tahta Suci selama berabad-abad, ruang arsip ini juga dipercaya tersimpan surat dari seniman Michelangelo dan Ratu Mayry dari Skotlandia menjelang hukum matinya. Hanya sedikit petugas yang diizinkan bekerja disana.

9. Kuil Ise Jepang

Kuil Sinto dibangun abad ke 3 di kota Ujitachi sebagai penghormatan kepada dewi Amaterasu-omikami. Hanya pendeta Shinto tertinggi atau keluarga monarki yang menjadi pendeta boleh masuk kompleks kuil. Salah satu kuil utama diyakini menyimpan cermin suci Yata no Kagami yang merupakan bagian penting dari sejarah kekaisaran Jepang. Turis hanya boleh mendekat ke gerbang depan saja

10. Gudang Benih Global Norwegia

Slavbard Global Seed adalah bank benih tanaman di Spitsbergen, Norwegia yang terletak 1.600 km dari Kutub Utara. Gudang seluas 4.000 m2 itu dibangun dalam gunung sedalam 120 m, disimpan 840.000 sampel dari 4 ribu jenis benih tanaman. Inilah gudang penyelamat pangan dunia. Untuk mencegah sabotase, gudang dilengkapi sistem pengaman termodern dan hanya segelintir ilmuwan yang diizinkan bekerja.