Asia

Melihat Spesies Langka di Taman Nasional Bako

Share
Bekantan salah satu spesies langka di Taman Nasional Bako (Foto: Istimewa)

Masuki rimba belantara yang akan sempurna ketenangannya andai saja tidak ada ocehan dan kicauan margasatwa penghuninya. Air terjun, pantai, hutan rawa gambut, belantara lebat, dan habitat bakau pesisir memberi karakter pada Taman Nasional Bako, dihuni oleh hampir semua spesies flora yang ada di Borneo. Info dari expedia, keragaman habitat tersebut memberi kesempatan kepada wisatawan untuk melihat primata, kancil, kera hidung panjang, babi berjanggut, musang, berang-berang, kepiting, anemon laut, dan bintang laut.

Menuju ke Taman Nasional Bako

Dari ibu kota Sarawak, Kuching, memerlukan waktu sekitar 40 menit menggunkan bus untuk sampai di kantor Taman Nasional Bako, yang memberikan izin masuk dengan mengenakan sedikit biaya. Datanglah langsung ke dermaga untuk naik perahu membelah perairan indah ke taman tersebut.

Pagi dan Malam Hari Momen Terbaik

Pagi-pagi dan malam hari adalah saat terbaik untuk melihat kekayaan satwa Bako yang memukau. Untuk pengalaman menginap yang lebih memesona, pesan kamar asrama atau tenda perkemahan, atau kamar lengkap dengan fasilitas.

Satwa Terbiasa dengan Manusia

Pastikan yang bertandang kesini membawa kamera untuk berpetualang ke Bako, satwa-satwa disini cukup terbiasa dengan manusia. Bahkan, pengunjung harus mengamankan tenda dan kamar asrama dari kawanan munyuk yang akan dengan senang hati mengacak-acak barang-barang untuk menemukan makanan.

Bekatan Langka

Saat melangkahkan kaki di sepanjang lintasan, pasang telinga kalian untuk menangkap suara bekantan langka, yang hanya ada di Borneo. Hanya ada sekitar 300 ekor monyet berhidung panjang itu yang hidup di Taman Nasional Bako, jadi tanyakan kepada penjaga taman di lintasan mana satwa tersebut terakhir terlihat untuk memastikan kalian bertemu dengan monyet yang tampak aneh. Tersedia lintasan singkat, jalan santai, hingga perjalanan semalam, jadi ada pilihan untuk setiap tingkat kebugaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *