Berita

Singgahi 3 Tempat Menarik di George Town

Sumber: trover.com

George Town punya sejarah dan percampuran budaya yang apik, tak heran kalau tempat wisata yang berlokasi di Penang, Malaysia, ini dinobatkan sebagai kota warisan budaya dunia oleh UNESCO bulan Juli 2008 silam. Kurang lebih dua ratus tahun lalu kota ini ditemukan, sudah memiliki banyak bangunan mengagumkan dengan berbagai macam gaya arsitektur yang dipengaruhi beragam etnik, semisal Tionghoa, India, Arab, Melayu, Aceh, Siam, Burma, sampai Eropa. Dikutip dari kompas.com, mari kita telusuri keanekaragaman 3 tempat yang menarik di George Town yang harus disinggahi travelers.

1. Esplanade

Pertama adalah Esplanade, tempat yang tepat bagi yang ingin berjalan santai sambil menghirup udara segar dari laut. Di sepanjang lokasi ini, terdapat sebuah monumen bernama War Memorial yang dibangun untuk menghormati para pejuang yang telah gugur. Ada pula pusat jajanan dan benteng kuno Fort Cornwallis yang dibangun saat Kapten Francis Light berlabuh pertama kali di Penang. Jika berjalan sedikit ke Jalan Padang, terdapat Penang City Hall, Penang Town Hall, dan Penang Art Gallery.

2. Pinang Peranakan Mansion

Selanjutnya Pinang Peranakan Mansion. Bangunan kuno yang dulunya kepunyaan Kapitan Chung Keng Kwee itu mengoleksi lebih dari seribu barang antik dan beragam benda lainnya yang menggambarkan kehidupan bangsa Peranakan di Penang. Terdapat pula koleksi terbaik perhiasan Baba Nyonya (sebutan Peranakan di Malaysia) dengan teknik pembuatan yang menggabungkan komposisi antara Tiongkok, Malaysia, Victoria, dan India.

3. Lebuh Muntri

Terakhir, ada sebuah museum kamera pertama Negeri Jiran dan kawasan Asia tenggara disana. Camera Museum ini menawarkan edukasi kepada wisatawan seputar sejarah kamera serta beragam latar belakang cerita dibalik alat tersebut. Terbagi 4 area dalam museum itu, yakni area pameran fotografi, area pameran kamera, area cinderamata, dan kafe. Lebuh Muntri dengan bentuk memajang ini, memiliki lebih dari 300 kamera dari yang klasik hingga kamera masa kini. Para turis juga bisa melihat Masjid Benggali yang di dirikan kaum India Muslim asal Bengal pada tahun 1803 dan Kuil Hainan yang menjadi tempat penghormatan Dewi Mar Chor.