Berita

Bosan Suasana Kota? Singapura Punya Cagar Alam Bukit Timah

Sumber: yoursingapore.com

Berlibur ke Singapura memang identik dengan gemerlap kota, tapi ternyata tempat wisata di negara Singa Putih ini ada juga yang berada di luar pusat kota. Menurut informasi dari expedia, Cagar Alam Bukit Timah bisa jadi refrensi wisatawan alam yang menarik, pastinya akan ada pengalaman baru apabila berkunjung kesini. Inilah pembahasan objek wisata di Singapura yang tak itu-itu saja.

Menampung Beragam Flora dan Fauna

Memilik luas lebih dari 400 hektar, tepat di luar pusat kota, area ini menjadi salah satu kawasan hutan hujan terluas di Singapura. Cagar Alam Bukit Timah termasuk dalam Taman Warisan ASEAN, menampung 500 spesies satwa dan 840 jenis bunga. Lahan ini dianggap sebagai sumber daya penting bagi penyebaran dan pelestarian flora dan fauna asli Asia Tenggara.

Meskipun ada beberapa pembatasan untuk aktivitas yang boleh dilakukan disana, Bukit Timah menjadi destinasi populer oleh kalangan pecinta hiking, panjat tebing, sepeda gunung, dan pecinta alam yang ingin melihat tanaman asli Singapura di habitat aslinya.

Pesona Bukit Timah

Lakukan pemanasan sebelum mulai mendaki ke puncak Bukit Timah yang merupakan titik tertinggi di Singapur, puncak tersebut berada di tengah-tengah taman. Dengan tinggi sekitar 534 kaki, puncak ini memberikan pemandangan menakjubkan ke seberang taman, apalagi para pengunjung bisa melihat kota Singapura dari kejauhan.

Jika kebetulan sedang berada di kawasan tersebut, jangan lupa kunjungi bekas tambang granit, tepat di kaki bukit. Cobalah memanjat tebing atau sewa sepeda gunung dan manfaatkan jaring-jaring lintasan yang melintasi tambang itu. Salah satu bagian tambang terisi air dan membentuk danau biru yang cantik.

Gratis

Cagar Alam Bukit Timah berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Singapura. Pengunjung yang mengendarai mobil bisa menemukan tempat parkir di Pusat Informasi Pengunjung, tapi tempat terbatas selama jam-jam sibuk. Tersedia area parkir melimpah di Taman Alam Dairy Farm, dari sana pelancong bisa menemukan pintu masuk alternatif ke cagar alam. Tempat ini juga dapat dicapai dengan bus. Cagar Alam Bukit Timah buka setiap hari dan tidak ada biaya tiket masuk alias gratis.