Asia

Melihat Proses Metamorfosis di Taman Kupu-Kupu

Share
Sumber: Istimewa

Indera kamu mungkin perlu waktu sejenak untuk menyesuaikan diri begitu melangkahkan kaki ke bangunan utama berbentuk kubah di Taman Kupu-kupu Penang. Atmosfer terasa hidup dengan wangi bunga-bunga tropis yang semarak dan pemandangan ribuan kupu-kupu warna-warni yang hidup dari nektar bunga bermekaran. Diolah dari expedia, ikuti makhluk cantik bersayap ini yang terbang diantara daun bambu dan palem, atau ulurkan tangan sambil berharap seekor teman baru akan hinggap sejenak.

Memiliki Ribuan Koleksi Kupu-Kupu

Terinspirasi oleh atraksi serupa di Inggris, Taman Kupu-Kupu Penang dibuka pada tahun 1986, dan diakui sebagai peternakan kupu-kupu tropis pertama di dunia. Peternakan ini menempati area kurang lebih seluas 1 hektar yang menampung lebih dari 4.000 kupu-kupu dengan jumlah sekitar 120 spesies.

Penangkaran tersebut telah menjadi pusat penelitian dan pendidikan, dan memiliki sejumlah jenis langka yang nyaris punah. Tebarkan pandangan untuk menemukan kupu-kupu kuning atau favorit Malaysia, kupu-kupu Rajah Brooke dengan warna hitam dan hijau yang mencolok.

Belajar Lebih Tentang Kupu-Kupu

Mintalah tur terpandu jika kalian ingin belajar lebih jauh tentang kupu-kupu. Pemandu yang cakap akan membawa pengunjung mengelilingi sangkar, menunjukkan berbagai spesies, sertamenjelaskan detail tentang kebiasaan kawin dan habitat alami dari kupu-kupu yang kalian lihat.

Melihat Proses Metamorfosis

Selain area terbang-bebas, ada sejumlah pameran tempat wisatawan bisa mempelajari kupu-kupu secara mendalam. Anak-anak pasti menyukai kesempatan melihat perubahan ulat menjadi kupu-kupu dan sejumlah kepompong dalam berbagai tahap perkembangan. Para pelancong juga akan menemukan berbagai jenis kadal, serangga, ikan, dan katak yang dipamerkan.

Lokasi

Taman Kupu-kupu Penang terletak di Teluk Bahang, sekitar 12 mil (20 kilometer) barat laut Georgetown. Tempat ini buka setiap hari, kecuali setengah hari selama Imlek, dan pengunjung dikenakan biaya tiket masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *