Indonesia / Video Drone

Padang Mangateh New Zealand-nya Sumatera Barat

Share

Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Padang Mangateh sering disandingkan dengan peternakan sapi di New Zealand, Australia. Hamparan padang rumput seluas 280 hektar ini merupakan proyek peternakan yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sapi-sapi dilepaskan hidup dan berkeliaran di area sabana yang sangat luas ini.

Komplek Peternakan milik Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas, Kementerian Pertanian ternyata punya sejarah panjang. Fasilitas peternakan ini adalah warisan pendudukan Belanda di Indonesia yang sempat menjadi area peternakan terbesar se-Asia Tenggara.

Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas Sugiono mengatakan, fasilitas ini pertama kali didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1916.

Setelah sempat ditutup untuk umum, kawasan Wisata Edukasi Padang Mangateh kembali dibuka untuk umum. Hanya saja, pengelola memberikan izin yang sangat selektif dengan syarat yang ketat bagi masyarakat yang ingin berkunjung.

Padang Mangateh New Zealand-nya Sumatera Barat

Padang Mangateh New Zealand-nya Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *