Berita

Man Mo Temple Memunculkan Ketenangan

Sumber: unicos.cc

Istirahatlah sejenak dari kesibukan pusat kota Hong Kong untuk mengunjungi Man Mo Temple, salah satu landmark bersejarah di kota ini. Disekitar kawasan ini orang-orang bisa mencium wangi dupa yang dibakar oleh para pengunjungnya. Kuil dengan dinding putih dan atap hijaunya cukup mencolok di antara gedung-gedung bertingkat sekelilingnya. Bersumber dari expedia amati ulasan tempat wisata ini.

Dedikasi untuk Dewa

Man Mo Temple merupakan kuil bagi kaum Buddha dan Taoisme. Kuil ini memang didedikasikan untuk 2 dewa berbeda, yaitu Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo). Masuklah ke dalam klenteng melalui pintu merah besarnya, disana akan langsung bisa melihat patung dari 2 dewa tersebut. Dewa Man digambarkan berwarna hijau dan membawa kuas, sedangkan patung Dewa Mo berwarna merah dan memegang sebilah pedang.

Ada 2 Bangunan

Dibangun pertengahan tahun 1800-an, kompleks kuil ini mencakup 2 bangunan. Pertama Kuil Lit Shing Kung, sebagai tempat untuk memberi penghormatan kepada dewa-dewa, sedangkan Kung Sor merupakan tempat rapat bersejarah yang dulu digunakan untuk menyelesaikan pertikaian dengan cara mengorbankan hewan.

Penyelesaian Konflik

Menurut ajarannya, kalau seorang umat menulis janji mereka di selembar kertas yang ditetesi oleh darah ayam kemudian membakar kertas itu, maka janji mereka dianggap lebih kuat dan mengikat daripada keputusan pengadilan Inggris sekalipun. Meskipun saat ini tentunya orang-orang tidak lagi melakukan metode pengorbanan hewan seperti itu, mungkin suasana damai dari kuil ini akan bisa membantu menyelesaikan konflik.

Lokasi

Klenteng Man Mo berada di Hollywood Road, sekitar 15 menit jalan kaki dari Stasiun MTR Sheung Wan. Klenteng ini buka setiap hari dan tutup bagi publik menjelang malam. Rute lain yang bisa ditempuh lewat Victoria Peak. Setelah selesai mengunjungi kuil ini, ikuti saja tangga batu Ladder Street untuk berjalan balik menuju Sheung Wan. Pengunjung bisa juga mampir di beberapa toko souvenir yang banyak menghiasi jalan. Pilihan lainnya bisa berjalan ke arah tenggara di sepanjang Hollywood Road atau melewati kawasan Soho yang menawarkan beragam tempat makan dan perbelanjaan kelas atas.