Berita

Mampir ke Jiaxing dan Rasakan Nuansa Berbeda

Kota Air Wuzhen China (Foto: Istimewa)

Dengan nama yang bisa diterjemahkan sebagai “berkembang penuh berkah,” Jiaxing memanggul banyak harapan. Memiliki 3 kota air dari zaman dulu, tradisi panjang dalam industri sutra dan tekstil, serta reruntuhan tepi danau yang indah, sepertinya kota yang memesona ini tak mengecewakan. Simak ulasan tempat wisata berikut yang diolah dari expedia.

Kampung Kain Sutera

Selama ratusan tahun Jiaxing telah dikenal sebagai jantungnya daratan ikan dan beras. Posisi kota ini berada di Kanal Besar China, menghubungkannya dengan Beijing dan Hangzhou semakin mendukung kemakmuran kota ini. Di masa kejayaannya, Jiaxing terkenal dengan julukan “Kampungnya Kain Sutera” dan sampai sekarang para pengunjung masih bisa memilih beragam kain sutera dan katun berkualitas tinggi.

3 Kota Penting

Aset paling penting dari Jiaxing adalah ketiga kota airnya, dimana jalan-jalan kerikil, jembatan lengkung, dan tradisi kerajinan tangan akan membawa wisatawan ke suasana zaman dulu. Para turis bisa menulusuri jalan-jalan berliku Kota Air Xitang dan menyaksikan matahari terbenam diatas lautan atap keramik. Di Kota Air Nanxun, coba saksikan keindahan Mansion 100 Kamar, barisan rumah petak berusia ratusan tahun yang menjajari kedua sisi kanal.

Sementara di Kota Air Wuzhen terkenal akan rumah-rumah berkerangka kayunya, jembatan-jembatan dari Dinasti Ming dan Qing, serta rangkaian mesin tenun masih terpakai hingga kini. Mampirlah sejenak untuk menyesap secangkir teh di Kedai Teh Fanglu, diberi nama seperti seorang penyair dari dinasi Tang yang mendedikasikan hidupnya untuk segala hal tentang teh.

Situs Penting

Jiaxing merupakan sebuah situs penting dalam sejarah Partai Komunis Tiongkok. Pendirian partai tersebut dilakukan pada tahun 1921, diatas sebuah kapal yang sedang berlayar di Danau Selatan kota ini. Kini, danau tersebut menjadi lokasi yang indah untuk berkeliling menggunakan perahu. Susuri tepian danau untuk menyaksikan beragam jenis burung liar, peninggalan-peninggalan Dinasti Ming, serta Monumen Revolusioner.

Beragam Festival

Perjalanan dari Bandara Internasional Shanghai menuju Jiaxing kira-kira membutuhkan waktu 2 jam. Ketiga kota air Jiaxing bisa dicapai dengan mudah dengan bus atau mobil, dan paling asik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Sebaiknya travelers mengunjungi Jiaxing saat musim semi atau musim gugur, karena kota akan mengadakan beragam festival, seperti Festival Kebudayaan Sungai Yangtze Jiaxing Selatan yang diadakan mulai bulan Oktober hingga November.