Asia

Liburan ke Kota Bersejarah Sandakan

Share
Tepi Kota Sandakan, Malaysia. (Foto: Istimewa)

Pusat pertempuran terbesar di wilayah Sabah adalah kota bersejarah Sandakan yang terletak di pesisir utara Borneo. Kota ini dikelilingi oleh keindahan alami dan kaya akan margasatwa serta dianggap sebagai pintu masuk ke wilayah wisata alam Sabah. Terlepas dari wisata alamnya, informasi dari expedia Sandakan merupakan lokasi bersejarah yang penting. Tentara Jepang menduduki kota ini selama periode berkecamuknya Perang Dunia II. Daerah ini digunakan untuk mendirikan sejumlah besar kamp Tawanan Perang, dan Bandara Sandakan dibangun oleh pekerja paksa. Sekarang, taman makam pahlawan dan tugu peringatan menandai peristiwa tersebut.

Ekosistem Paling Beragam di Dunia

Gajah, monyet, buaya dan badak bermukim disini dan perbedaan alam yang mengesankan menciptakan salah satu ekosistem paling beragam di dunia. Lihatlah rawa, kumpulan gua batu kapur, dan tiga jenis hutan. Temui spesies kera dan monyet yang terancam punah di Suaka Margasatwa Orangutan Sepilok dan Suaka Margasatwa Monyet Proboscis Teluk Labuk.

Mamalia terbesar berbaur dengan burung-burung terkecil di tepi Sungai Kinabatangan, yang ditempuh dengan perjalanan singkat dari kota. Pengunjung bisa menyelam di Kepulauan Semporna, yang terkenal sebagai salah satu lokasi penyelaman terbaik di dunia, tidak jauh dari pantai Sabah.

Hidangan Laut

Kehidupan di bawah air bahkan jauh lebih beragam daripada kehidupan di daratan Sandakan, dan banyak sajian setempat menawarkan hidangan laut. Cicipi kerang tangkapan baru, atau santap ikan asing kering dari pasar setempat.

Musim Flora Baru

Sandakan memiliki iklim hutan hujan tropis, dengan suhu rata-rata 31 derajat Celsius sepanjang tahun. Musim hujan membawa angin muson yang acap kali menyebabkan Sungai Kinabatangan meluap selama bulan Desember dan Januari. Antara bulan April dan Oktober para wsatawan dapat menikmati musim yang sebagian besar kering ditambah musim flora baru di wilayah ini.

Lokasi

Sandakan bisa dijangkau dengan pesawat terbang dari Kuala Lumpur atau bus dari Borneo selatan. Begitu tiba, kamu dapat berjalan kaki dengan mudah diantara hotel, restoran, dan atraksi setempat, sedangkan bus akan membawa kalian ke tempat yang lebih jauh. Taksi siap melayani dan mobil dapat disewa dari dalam kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *