Berita

Guilin Kota Tercantik di Dunia

Sungai Li di Guilin, China. (Foto: chinahighlights.com)

Berada di antara pegunungan, sebagian besar wilayah tertutup kapur dan sungai yang berkelok melewati lanskap pedesaan. Guilin sampai sekarang telah menjadi inspirasi para pelukis, penyair, dan pemimpi selama berabad-abad. Tentu ini pilihan bagus untuk berlibur kesana, tempat wisata dengan pemandangan terbaik.

Pemandangan Menginspirasi

“Timur maupun Barat”, begitu bunyi sebuah pepatah Mandarin, “Pemandangan Guilin lah yang terbaik.” Dan itu memang benar, lanskap dan sekitar Guilin memang betul-betul memesona. Sungai, danau, dan persawahan bersatu di kaki tebing-tebing dan dikelilingi oleh puncak pegunungan. Pemandangan inilah yang telah menginspirasi dan memanjakan mata para pengunjungnya selama ratusan tahun.

Bukit Terbentuk di bawah Laut

Pemandangan cantik itu dibentuk dari struktur geologinya yang unik. Bukit-bukit Guilin yang menakjubkan itu terbentuk di bawah laut, jutaan tahun lalu, dan akhirnya naik ke permukaan lewat proses erosi. Sekarang perbukitan tersebut menjulang diatas sungai dan danau yang menyuburkan daratan sekitarnya.

Sumber Ide Para Seniman

Kunjungi Seven Star Park, lalu temukan berbagai bukit, gua, jembatan, dan relik yang menjadi sumber ide para seniman, fotografer, dan penyair. Jelajahi Gua Seruling Buluh (Reed Flute) untuk melihat formasi stalaktit dan stalakmit yang menjadikan gua penuh warna. Kunjungi Bukit Belalang Gajah, diberi nama demikian karena menyerupai gajah yang sedang berendam. Bukit Fubo juga patut dikunjungi untuk kecantikan alam dan kekayaan sejarahnya. Disini juga ada sebuah panci raksasa yang konon bisa memasak untuk ribuan masyarakat.

Kota Tercantik

Saksikan pemandangan sawah yang indah di Longsheng. Jelajahi Sungai Li dengan kapal pesiar, melewati desa-desa kuno dan barisan pohon bambu. Nikmati angin sepoi-sepoi sepanjang perjalanan menyusuri sungai ini, seperti yang dirasakan Presiden Nixon dan menyebut Guilin sebagai kota tercantik di dunia. Setelah 4 jam di atas air, pengunjung akan sampai di kota Yangshuo, lokasi dari sebuah jalan terkenal, West Street. Jalan berusia 1400 tahun ini diwarnai dengan deretan restoran, toko kerajinan, galeri kaligrafi, dan sekolah kung fu.
Sumber: expedia.co.id