Berita

Gua Batu Situs Penting Bagi Umat Hindu

Patung Dewa Murugan di Gua Batu (Foto: Istimewa)

Gua Batu berada di dalam formasi batu kapur yang menyembul sekitar 330 kaki (100 meter) di atas tanah. Situs agama Hindu yang penting ini mencakup aneka patung dan tempat suci mengagumkan, dan menggelar berbagai perayaan dan ritual. Sumber dari expedia mengungkapkan, ada 3 gua utama di sekitar dan sejumlah gua lain yang lebih kecil. Sebagian gua berisi kuil, sebagian lainnya berisi galeri lukisan dan patung.

Patung dengan Ratusan Liter Cat

Gua Batu memberikan kesempatan untuk mempelajari kisah dan perbuatan para dewa dan budaya Hindu. Begitu memasuki gua, pengunjung akan melihat patung Dewa Murugan yang berkilau setinggi 140 kaki (42,7 meter), kepadanya gua ini dipersembahkan. Inilah patung Murugan terbesar di dunia dan dilapisi dengan lebih dari 80 galon (300 liter) cat emas. Kunjungi Gua Vila untuk menemukan karya seni dan tempat suci bagi dewa-dewa Hindu lainnya.

Menampung Kuil Hindu

Ambil nafas dalam-dalam sebelum mulai menaiki 272 undakan menuju ke Gua Katedral. Pendakian ini cukup berat, karena undakan curam dan jaraknya tidak teratur, namun tenaga kalian tidak akan sia-sia. Sepanjang jalan, bisa bertemu dengan monyet ekor panjang yang ceria. Sebaiknya lihat satwa setempat dari jauh karena mereka terkenal suka mengaduk-aduk tas dan terkadang agresif. Di puncak tangga, terdapat gua sangat besar yang menampung salah satu kuil Hindu paling terkenal di Malaysia.

Festival Thaipusam

Kalau sedang berada di Kuala Lumpur selama Januari atau Februari, saksikan festival Thaipusam. Selama acara 3 hari yang penuh warna berlangsung, lebih dari sejuta umat Hindu membanjiri gua untuk memberikan penghormatan kepada Dewa Murugan. Banyak peziarah datang dengan membawa pot indah berisi susu yang disebut paal kudam, sementara peziarah lain menunjukkan ketaatan dengan menusuk kulit mereka dari kait yang terhubung ke bingkai atau “kavadis.” wisatawan dipersilakan melihat atau ikut menyanyi dan menari saat prosesi berjalan menuju patung Dewa Murugan.