Berita

Kunjungi 4 Tempat Lain yang Ada di George Town

Streer Art Mural di George Town (Foto: ratanddragon.com)

Penang adalah pulau di bagian barat laut Malaysia, yang juga merupakan salah satu negara bagian di Malaysia. Meskipun terletak di Asia, Penang menampilkan arsitektur Victoria yang kental, terutama di ibukotanya, George Town. Sebagai tempat wisata, lokasi ini sudah populer di kalangan travelers. Informasi dari kompas, ada 4 tempat lain yang menarik untuk dikunjungi.

1. Street of Harmony

Meski terkenal dengan keberagaman suku, ras, dan agama, Penang telah menjadi tempat yang damai bagi setiap penduduknya. Hal tersebut bisa dilihat dengan adanya Street of Harmony atau Jalan Kapitan Keling. Sepanjang jalan ini, ada berbagai tempat ibadah, mulai dari Gereja St. George yang menjadi Gereja Anglikan tertua di Asia Tenggara, Goddes of Mercy Temple atau Kuil Dewi Kuan Yin, Masjid Kapitan Keling, Kuil Hindu Mahamariamman, serta Kuil Teochew atau juga dikenal Kuil Han Jiang.

Uniknya, rata-rata tempat ibadah tersebut dibangun pada abad ke-18, dan menjadi tempat ibadah tertua juga bersejarah di George Town. Tak jauh dari Jalan Kapitan Keling, terdapat Little India yang merupakan tempat pemukiman imigran asal India. Disana, wisatawan dapat menikmati beragam hal khas India, mulai dari musik, hidangan kuliner, aneka jenis rempah dan barang-barang asli India.

2. Kuil Khoo Kongsi

Selesai dibangun pada tahun 1906, kuil milik klan Khoo Kongsi ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. Perpaduan arsitektur khas Tiongkok serta kerajinan tangan membuat bangunan kuil sangat indah terlebih saat malam hari dengan hiasan lentera-lentera yang menggantung.

3. Pelabuhan Jetty

Terletak di sepanjang kawasan Weld Quay, Pelabuhan Jetty menjadi salah satu pelabuhan bersejarah disana. Saat berjalan-jalan disini, wisatawan bisa melihat kampung nelayan tradisional dengan bangunan serta jalan setapak yang terbuat dari kayu dan beragam aktivitas nelayan lainnya.

4. Cheong Fatt Tze Mansion

Sebuah bangunan berwarna biru milik Cheong Fatt Tze yang merupakan seorang politisi, diplomat, ahli keuangan, serta pebisnis dari Tiongkok juga menarik untuk dikunjungi. Bentuk bangunan yang unik dengan sentuhan arsitektur tradisional khas Tiongkok, serta beragam perabot rumahnya menjadi daya tarik tersendiri dari bangunan tersebut. Kini, bangunan yang juga dikenal dengan sebutan Blue Mansion telah dialihfungsikan sebagai butik hotel.